Pleno DPb, Bawaslu Minta KPU Libatkan Masyarakat

Gerung, Bawaslu Kabupaten Lombok Barat – Rapat pleno penetapan daftar pemilih berkelanjutan (DPb) kembali digelar Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Barat, kamis (10/20). Pleno dilaksanakan secara daring, dihadiri jajaran sekretariat, Komisoner KPU dan Ketua Bawaslu Lombok Barat.

Rapat Pleno dalam rangka penetapan Daftar Pemilih berkelanjutan (DPb) dibuka Kepala Sekretariat KPU Kabupaten Lombok Barat Lalu Suherman. Dalam keterangannya, Suherman menyampaikan pleno penetetapan DPb bulan ini adalah hasil pemutakhiran pada bulan juli yang lalu. “Data pemilih berkelanjutan yang kita plenokan hari ini, merupakan data hasil pemutakhiran yang dilakukan KPU Lombok Barat pada bulan sebelumnya. Data ini dimutakhirkan dan dihimpun oleh Devisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Lombok Barat termasuk data pemilih yang di rekomendasikan Bawaslu Kabupaten Lombok Barat”, jelas pria yang pernah mengikuti seleksi sekretaris Bawaslu Provinsi NTB  ini.

Terpisah Koordinator Devisi Perencanaan ,Data dan Informasi KPU Kabupaten Lombok Barat,  Mashur,. ST menjelaskan hasil pemutakhiran DPb selama bulan juli dimasing-masing Kecamatan ditemukan untuk Kecamatan Gerung pemilih TMS 4 orang, Kecamatan Kediri  pemilih baru 2 orang dan TMS 1 orang, Kecamatan Narmada pemilih baru 1 orang dan TMS 3 orang, Kecamatan Lingsar TMS 8 orang, Kecamatan Batu Layar pemilih baru 21 orang dan kecamatan Kuripan 1 orang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lombok Barat, Abrar memberikan masukan kepada KPU dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Menurutnya apa yang dilakukan KPU masih jauh dari maksimal dalam upaya menciptakan data pemilih yang berkualitas. Betapa tidak dalam satu bulan KPU hanya mendapatkan 14 pemilih TMS 25 pemilih baru.

“Kita minta KPU Lombok Barat melibatkan masyarakat jika ingin mendapatkan data pemilih yang berkualitas, sehingga progres pemutakhiran data pemilih berkelanjutan lebih maksimal, malu kita lihat dalam sebulan hanya 39 pemilih yang bisa dimutakhirkan”, kritiknya. Bawaslu akan terus mengawasi kegiatan pemutakhiran DPb ini supaya hasilnya lebih bagus dan maksimal, ungkapnya.  

Penulis : Budi

Editor : Yun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *