Bawaslu RI Sosialisasi Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Bawaslu Provinsi Tahun 2020

Gerung – Bawaslu Kabupaten Lombok Barat – Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Bawaslu Provinsi merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memantau pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Bawaslu Provinsi dalam kurun waktu satu tahun terakhir sebagaimana amanah Peraturan Bawaslu Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik Bawaslu, Bawaslu Provinsi, dan Bawaslu Kabupaten/Kota.

Kegiatan Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi ini sekaligus untuk memantapkan kesiapan Bawaslu daerah, khususnya yang melaksanakan pengawasan Pemilihan Tahun 2020.

Kegiatan diselenggarakan oleh Bawaslu RI dan dihadiri Kordiv Hukum, Humas dan Data Informasi Bawaslu Provinsi dan Kabupaten Kota di seluruh Indonesia melalui Zoom Meeting selasa, 20/10/2020.

Kegiatan dibuka lansung oleh Kordiv Hukum, Humas & Data Informasi Bawaslu RI Fritz Edward Siregar SH,.LL.M,.Phd

Dalam sambutannya Fritz  menekankan  akan pentingnya evaluasi keterbukaan informasi Bawaslu dan setiap tahun Bawaslu melakukan pemeringkatan terhadap lembaga-lembaga terkait baik di tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut fritz menyebutkan bahwa sistem informasi di Bawaslu terus mengalami perkembangan dan perbaikan untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

“Proses pengambilan dan penyerahan data memerlukan sistem yang sampai saat ini masih dalam proses pemuktahiran dan perbaikan baik dari segi SDM maupun sarana pendukung lainnya” sebut fritz.

Selain PR pengawasan, kita juga memiliki PR tentang perbaikan lembaga terkait dengan keterbukaan informasi” tambahnya.

Sementara itu, Tim Ahli Bawaslu RI Sulastio selaku Narasumber dalam penyampaiannya  menekankan perlunya masukan dari Komisi Informasi guna melakukan perbaikan terkait informasi di lingkungan Bawaslu.

“Bawaslu RI juga menggunakan  masukan-masukan dari Komisi Informasi untuk melakukan perbaikan terhadap keterbukaan informasi di lingkungan Bawaslu” jelasnya.  

Dalam kegaiatan yang berlansung selama 2 jam ini dihadiri Kordiv dan staf Humas Bawaslu Kabupaten Lombok Barat

Penulis : yun

Photo  : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *